MAHASISWA ILKOM LULUS GOOGLE DEVELOPER KEJAR 2018

Dua mahasiswa ilmu komputer unhas, Marfiandhi Putra dan Rio Mukhtarom berhasil lulus pada kegiatan Google Developer Kejar (GDK) 2018. GDK 2018 dilaksanakan di 10 Kota di Indonesia, salah satunya Makassar. GDK merupakan bagian dari program Google di Indonesia untuk mencetak 100.000 Developer Indonesia. GDK ini dilaksanakan oleh Google Developers bekerjasama dengan Dicoding. Dicoding sebagai pelaksana menyediakan kelas online, Kelas Kotlin Android Developer Expert (KADE). Dicoding merupakan satu-satunya Google Authorized Training Partner di Indonesia dengan kurikulum yang diakui dan sesuai standar Google.

Kegiatan ini dilaksanakan dari September hingga Desember dan terbagi dalam 2 batch. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk kelas online, tetapi juga offline. Tatap muka dilakukan sebanyak 2 kali sebagai wadah untuk bertemu antara peserta dan fasilitator. Setiap fasilitator membimbing maksimal 20 peserta. Peserta dapat melakukan konsultasi secara online dengan fasilitator.

Setiap peserta diberi waktu 1 bulan untuk menyelesaikan kelas KADE. Pada kelas KADE, dipelajari pengenalan kotlin, mengambil data dari API, hingga testing aplikasi. Selain materi, kelas KADE juga menyediakan tugas sebanyak 5. Tugas tersebut sebagai wadah latihan bagi peserta dalam mempelajari kelas KADE. Tidak hanya sampai disitu, Dicoding juga menyediakan Reviewer untuk tugas yang telah di kumpulkan. Reviewer memberi masukan kepada peserta tentang tugas yang telah dibuat.

“GDK merupakan program yang sangat bagus. Kemampuan programming android saya meningkat pesat setelah mengikuti kelas KADE ini. Awalnya sebenarnya pesimis karena waktunya hanya 1 bulan, belum lagi tugas kuliah dan harus belajar bahasa baru. Tapi akhirnya bisa juga menyelesaikannnya.” kata Rio.

“Awalnya saya hanya mencoba, tetapi karena keseriusan dan ketekunan saya dapat menyelesaikan kelas KADE ini tanpa mengganggu aktivitas perkuliahan saya. Ini hanya masalah manajemen diri dan komitmen hingga bisa menyelesaikan kelas KADE ini.” kata Marfiandhi.

Program GDK ini akan terus berlanjut hingga 2020 sebagai komitmen Google di Indonesia. Semoga mahasiswa Ilkom yang lain dapat memanfaatkan kegiatan bermanfaat seperti ini.

You may also like...