Visi & Misi

Visi

Pusat unggulan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kehandalan informasi dan analisis big data dengan karakteristik unik Benua Maritim Indonesia (BMI) pada tahun 2030

Misi

  1. Pendidikan : Menyelenggarakan pendidikan sarjana (KKNI Level 6) dalam pengembangan bidang Ilmu Komputer yang unggul dan kompetitif dalam memahami konsep dan implementasi keandalan informasi dan analisis big data.
  2. Penelitian : Menyelenggarakan pengkajian melalui penelitian dosen dan mahasiswa dalam topik keandalan informasi dan analisis big data yang dapat membantu memahami dan memecahkan masalah-masalah bidang Ilmu Komputer.
  3. Pengabdian pada Masyarakat : Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan bidang ilmu komputer secara profesional secara konseptual dan implementatif dalam memecahkan masalah keandalan informasi analisi big data.

TujuanĀ 

Dalam menjalankan visi dan misinya, Prodi Ilmu Komputer menetapkan arah yang akan menjadi sasaran dan tujuan program studi. Tujuan Prodi Ilmu Komputer adalah :

  1. Menghasilkan luaran pendidikan yang profesional dalam penyediaan tenaga ahli berkomptensi ilmu komputer secara bertanggung jawab untuk mendukung pembangunan dan pengembangan sistem TIK nasional.
  2. Menghasilkan luaran pendidikan yang profesional dalam penelitian bidang ilmu komputer secara holistik, komprehensif dan terintegrasi untuk ikut memecahkan masalah TIK secara mandiri
  3. Menghasilkan luaran pendidikan yang profesional dalam mengaplikasikan ilmu komputer untuk pengembangan kemajuan TIK nasional secara mandiri dan berkesinambungan yang bertanggungjawab sosial untuk bekerja bersama dalam kemitraan baik nasional maupun internasional

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi Komputer sesuai tujuan program studi ilmu komputer:

Sasaran dari Tujuan 1:

  1. Berkembangnya bakat minat mahasiswa untuk pembentukan insan cendekia
  2. Berkembangnya budaya mutu proses pembelajaran
  3. Meningkatnya daya tarik institusi bagi calon mahasiswa

Sasaran dari Tujuan 2:

  1. Berkembangnya pembelajaran berbasis riset
  2. Pengembangan jejaring kerjasama nasional dan internasional
  3. Meningkatnya penerapan hasil riset unggulan untuk peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan daya saing bangsa

Sasaran dari Tujuan 3:

  1. Meningkatnya mutu dan aktifitas pengabdian masyarakat
  2. Peningkataan jejaring kerjasama dengan berbagai institusi pemerintah dan non pemerintah
  3. Meningkatnya kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat